Mila Amalia

.:. WELCOME & ENJOY YOUR READING .:.

Senin, 02 April 2012

Tugas 8 & 9 : Struktur Pasar

Struktur Pasar


Struktur pasar ialah karakteristik organisasi pasar yang mempegaruhi sifat kompetisi dan harga didalam pasar (Bain, 1952). Unsur-unsur pasar meliputi konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, hambatan masuk dn integrasi lokal serta diversifikasi. Dalam teori ekonomi mikro, struktur pasar dibagi menjadi empat macam bentuk (Paul A. Samuelson, 1995 p. 193-194), yaitu :

Ø  Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak pesaing. Bila produsen pada pasar persaingan ingin mendapat keuntungan atau profit maksimum, namun tidak bisa dilakukan karena harga ditentukan oleh pasar. Produsen hanya sebagai Price Taker.

Ø  Pasar Monopoli
Dipasar ini hanya ada satu produsen, tidak ada pesaing, dipasar sendirian. Bila produsen yang monopolis ingin dapat keuntungan atau profit maksimum, bisa dilakukan dengan jalan menurunkan supply, sehingga harga jual menjadi meningkat. Produsen dapat bertindak sebagai Price Setter.

Ø  Pasar Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaan pada produknya (differensiasi produk) dibandingkan produsen lain.

Pasar monopolistik adalah pasar dengan produsen sangat banyak, hanya saja produk yang dihasilkan berbeda (tidak seragam), atau unik. Banyak pesaing, namun produknya berbeda-beda. Bila produsen pada pasar persaingan ingin dapat keuntungan atau profit maksimum, masih bisa dilakukan, karena harga dapat dipengaruhi oleh produsen. Produsen dapat bertindak sebagai Price Setter.

Ø  Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar dimana hanya ada beberapa produsen, hanya ada beberapa pesaing. Bila produsen yang olipolis ingin dapat keuntungan atau profit maksimum, bisa dilakukan dengan jalan berkolaborasi (kerjasama) dengan produsen lain menurunkan supply, sehingga harga jual menjadi meningkat. Produsen dapat bertindak sebagai Price Setter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar