Mila Amalia

.:. WELCOME & ENJOY YOUR READING .:.

Kamis, 03 Mei 2012

Management & Information System Management


1.      Sistem Informasi Bisnis
·         Pengertian bisnis (arti luas, Huat-Tchwee, Griffin-Ebert, Umum)
ü  Arti luas                : Menggambarkan semua aktifitas dan institusi yg memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
ü  Huat-Tchwee        : Suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
ü  Griffin-Ebert         : Aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.
ü  Umum                   : Serangkaian usaha yag dilakukan satu orang atau lebih individual atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan atau laba.

·         Aspek-aspek bisnis
ü  Kegiatan individu atau kelompok
ü  Penciptaan nilai
ü  Penciptaan barang dan jasa
ü  Keuntungan melalui transaksi

·         Fungsi bisnis dari kepentingan mikro ekonomi & makro ekonomi
ü  Fungsi       : untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.
ü  Mikro        : kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung (karyawan, dewan komisaris, pemegang saham).
ü  Makro        : kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung (masyarakat, bangsa dan negara).

·         Elemen system bisnis
ü  Modal (capital)
ü  Bahan-bahan (materials)
ü  Keterampilan manajemen (Management skill)
ü  SDM

·         Karakteristik system bisnis
ü  Kompleksitas dan keanekaragaman
ü  Saling ketergantungan
ü  Perubahan dan inovasi

·         Bentuk dasar kepemimpinan bisnis
ü  Perusahaan perseorangan
ü  Comanditaire Vennootschap (CV)
ü  Persekutuan
ü  Perseroan
ü  Koperasi


2.      Konsep Dasar Kepemimpinan Bisnis
·         Area pengetahuan system informasi
ü  Konsep dasar
ü  Teknologi informsai
ü  Aplikasi bisnis
ü  Proses pengembangan
ü  Tantangan manajemen

·         Jenis system informasi
ü  System Pendukung Operasi          : pemrosesan transaksi, pengendalian proses,
  kerjasama perusahaan.
ü  System Pendukung Manajemen    : informasi manajemen, pendukung keputusan,
  informasi eksekutif.
ü  System Pakar
ü  System Manajemen Pengetahuan
ü  System Informasi Strategis
ü  System Bisnis Fungsional

·         Komponen system informasi
ü  Teknologi
ü  Aplikasi
ü  Pengembangan
ü  Manajemen

·         Sumber daya system informasi
ü  Manusia
ü  Hardware
ü  Software
ü  Data
ü  Jaringan

·         Aktifitas system informasi
ü  Input sumber daya data
ü  Pemrosesan data menjadi informasi
ü  Output produk informasi
ü  Penyimpanan sumber daya data
ü  Pengendalian kinerja sistem

3.      Data Resourse Management
·         Konsep dasar basis data
Kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinnya.

·         Data werehouse, mart, mining
ü  Warehouse                        : perkembangan dari konsep database yang menyediakan sumber
  daya data yang lebih baik dari para pemakai dan memungkinkan
  pemakai untuk memanipulasi dan menggunakan data tersebut
  secara intuitif.
ü  Mart                      : suatu database yang berisi data yang hanya menjelaskan suatu
  segmen dari operasi perusahaan.
ü  Mining                   : proses menemukan hubungan dalam data yang tidak diketahui
  oleh pemakai.

4.      E-Commerce
·         Pengertian (Robert E-Johnson, Gary Coulter, Donna Perry)
ü  Pembelian dan penjualan, pemasaran dan pelayanan produk, jasa dan informasi atas berbagai jenis jaringan computer.
ü  Robert E-Johnson : Merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
ü  Garry Coulter        : E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet.
ü  Donna Perry          : kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui computer, faax, telephone, dsb.

·         Jenis-jenis E-Commerce
ü  Business to Business
ü  Business to Customer
ü  Customer to Customer

·         Komponen E-Commerce
ü  Infrastruktur
ü  Supporting service
ü  Application

·         Keuntungan & kerugian E-Commerce
ü  Keuntungan          :
1.      Jangkauan perdagangan lebih luas, tanpa batas wilayah dan waktu
2.      Penghematan sumber daya
3.      Konsumen memperoleh informasi yang beragam dan mendetail
4.      Avabilitas (buka 24 jam sehari selama 7 hari
5.      Skalabilitas (dapat diperbanyak item barang tanpa batasan)
6.      Disintermediation (meniadakan calo dan pedagang perantara)

ü  Kerugian               :
1.      Ketidak sesuaian kualitas dan jenis yang dijanjikan
2.      Ketidak tepatan waktu pengiriman.
3.      Isu security
4.      Factor keamanan transaksi seperti keamanan metode pembayaran merupakan salah satu hal urgen bagi konsumen, karena berkaitan dengan keamanan transaksi.


·         Contoh
ü  Bhinneka.com
ü  Kaskus.us
ü  Goodizz.com
ü  Airasia.com
ü  Gramediaonline.com

5.      E-Business
·         Pengertian
Kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan teknologi elektronik.

·         Aturan E-Business
ü  Komunikasi           : adanya fasilitas untuk pertukaran informasi, layanan, transaksi
  elektronik dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
ü  Komersial              : adanya system untuk melakukan transaksi online.
ü  Kolaborasi             : satu siklus transaksi online antara penjual & pembeli stakeholder
  untuk menyelesaikan transaksi tersebut.
ü  Komunitas             : salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna
ü  Proses Bisnis         :
ü  Learning                :
ü  Layanan                :

·         Factor-faktor penentu kesuksesan E-Business
ü  Biaya (cost)
ü  Komersial (commerce)
ü  Konten (content)
ü  Komunitas (community)
ü  Kenyamanan (convenience)
ü  Konektifitas (connectivity)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar