1.
Sistem
Informasi Bisnis
·
Pengertian
bisnis (arti luas, Huat-Tchwee, Griffin-Ebert, Umum)
ü Arti luas : Menggambarkan semua aktifitas
dan institusi yg memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
ü Huat-Tchwee : Suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan
masyarakat.
ü Griffin-Ebert : Aktifitas yang menyediakan barang
atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen.
ü Umum : Serangkaian usaha yag
dilakukan satu orang atau lebih individual atau kelompok dengan menawarkan
barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan atau laba.
·
Aspek-aspek
bisnis
ü Kegiatan
individu atau kelompok
ü Penciptaan nilai
ü Penciptaan
barang dan jasa
ü Keuntungan
melalui transaksi
·
Fungsi
bisnis dari kepentingan mikro ekonomi & makro ekonomi
ü Fungsi : untuk
menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah
diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat /
konsumen.
ü Mikro : kontribusi terhadap pihak yang
berperan langsung (karyawan, dewan komisaris, pemegang saham).
ü Makro : kontribusi terhadap pihak yang
terlibat secara tidak langsung (masyarakat, bangsa dan negara).
·
Elemen
system bisnis
ü Modal (capital)
ü Bahan-bahan
(materials)
ü Keterampilan
manajemen (Management skill)
ü SDM
·
Karakteristik
system bisnis
ü Kompleksitas dan
keanekaragaman
ü Saling
ketergantungan
ü Perubahan dan
inovasi
·
Bentuk
dasar kepemimpinan bisnis
ü Perusahaan
perseorangan
ü Comanditaire
Vennootschap (CV)
ü Persekutuan
ü Perseroan
ü Koperasi
2.
Konsep
Dasar Kepemimpinan Bisnis
·
Area
pengetahuan system informasi
ü Konsep dasar
ü Teknologi
informsai
ü Aplikasi bisnis
ü Proses
pengembangan
ü Tantangan
manajemen
·
Jenis
system informasi
ü System Pendukung
Operasi : pemrosesan transaksi,
pengendalian proses,
kerjasama perusahaan.
ü System Pendukung
Manajemen : informasi manajemen,
pendukung keputusan,
informasi eksekutif.
ü System Pakar
ü System Manajemen
Pengetahuan
ü System Informasi
Strategis
ü System Bisnis
Fungsional
·
Komponen
system informasi
ü Teknologi
ü Aplikasi
ü Pengembangan
ü Manajemen
·
Sumber
daya system informasi
ü Manusia
ü Hardware
ü Software
ü Data
ü Jaringan
·
Aktifitas
system informasi
ü Input sumber
daya data
ü Pemrosesan data
menjadi informasi
ü Output produk
informasi
ü Penyimpanan
sumber daya data
ü Pengendalian
kinerja sistem
3.
Data
Resourse Management
·
Konsep
dasar basis data
Kumpulan
data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat
keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinnya.
·
Data
werehouse, mart, mining
ü Warehouse : perkembangan dari
konsep database yang menyediakan sumber
daya data yang lebih baik dari para pemakai dan memungkinkan
pemakai untuk memanipulasi dan menggunakan data tersebut
secara intuitif.
ü Mart : suatu database yang
berisi data yang hanya menjelaskan suatu
segmen dari operasi perusahaan.
ü Mining : proses menemukan hubungan
dalam data yang tidak diketahui
oleh pemakai.
4.
E-Commerce
·
Pengertian
(Robert E-Johnson, Gary Coulter, Donna Perry)
ü Pembelian dan
penjualan, pemasaran dan pelayanan produk, jasa dan informasi atas berbagai
jenis jaringan computer.
ü Robert E-Johnson : Merupakan suatu tindakan melakukan transaksi
bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi
yang paling utama.
ü Garry
Coulter : E-commerce berhubungan
dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan
melalui internet.
ü Donna
Perry : kemampuan untuk melakukan
bisnis secara elektronik melalui computer, faax, telephone, dsb.
·
Jenis-jenis
E-Commerce
ü Business to
Business
ü Business to
Customer
ü Customer to
Customer
·
Komponen
E-Commerce
ü Infrastruktur
ü Supporting
service
ü Application
·
Keuntungan
& kerugian E-Commerce
ü Keuntungan :
1.
Jangkauan
perdagangan lebih luas, tanpa batas wilayah dan waktu
2.
Penghematan
sumber daya
3.
Konsumen
memperoleh informasi yang beragam dan mendetail
4.
Avabilitas
(buka 24 jam sehari selama 7 hari
5.
Skalabilitas
(dapat diperbanyak item barang tanpa batasan)
6.
Disintermediation
(meniadakan calo dan pedagang perantara)
ü Kerugian :
1.
Ketidak
sesuaian kualitas dan jenis yang dijanjikan
2.
Ketidak
tepatan waktu pengiriman.
3.
Isu
security
4.
Factor
keamanan transaksi seperti keamanan metode pembayaran merupakan salah satu hal
urgen bagi konsumen, karena berkaitan dengan keamanan transaksi.
·
Contoh
ü Bhinneka.com
ü Kaskus.us
ü Goodizz.com
ü Airasia.com
ü Gramediaonline.com
5.
E-Business
·
Pengertian
Kegiatan bisnis
yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan teknologi
elektronik.
·
Aturan
E-Business
ü Komunikasi : adanya fasilitas untuk pertukaran
informasi, layanan, transaksi
elektronik dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
ü Komersial : adanya system untuk melakukan
transaksi online.
ü Kolaborasi : satu siklus transaksi online
antara penjual & pembeli stakeholder
untuk
menyelesaikan transaksi tersebut.
ü Komunitas : salah satu indikator untuk
mengukur aktifitas pengguna
ü Proses Bisnis :
ü Learning :
ü Layanan :
·
Factor-faktor
penentu kesuksesan E-Business
ü Biaya (cost)
ü Komersial
(commerce)
ü Konten (content)
ü Komunitas
(community)
ü Kenyamanan
(convenience)
ü Konektifitas
(connectivity)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar