Mila Amalia

.:. WELCOME & ENJOY YOUR READING .:.

Minggu, 30 Maret 2014

Tugas 1 : Etika & Profesionalisme TSI

1. Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda?

Dalam kehidupan sehari-hari, etika membahas dan mengajari kita tentang perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk antar manusia, tentang hak dan kewajiban moral dalam kehidupan bermasyarakat, serta tentang kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak nilai mengenai yang benar dan salah yang dianut masyarakat.
Sedangkan dalam teknologi sistem infromasi, etika yang diterapkan yaitu harus dapat mempertanggungjawabkan pekerjaan beserta hasilnya dan juga terhadap dampak untuk kehidupan orang lain, harus memberikan kepada siapa saja yang menjadi haknya, harus memberikan kebebasan kepada yang berhak dalam menjalankan profesinya. Artinya adalah sikap atau perilaku seseorang yang bekerja sesuai aturan/standar moral yang berlaku dalam teknologi sistem informasi.


2. Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :

a. Pengguna Teknologi Sistem Informasi
Pengguna adalah orang yang menggunakan teknologi informasi untuk membantu menyelesaikan masalah dan mempermudah pekerjaan mereka, etika bagi pengguna adalah tidak melakukan atau menggunakan apliksi bajakan yang dapat merugikan pembuat, menghormati hak cipta yang milik orang lain, tidak merusak teknologi informasi. Contohnya adalah bila menonton film dan hanya baru tayang dibioskop, lalu merekamnya dan mempublikasikannya melalui youtube atau menjualnya dalam bentuk digital.

b. Pengelola Teknologi Sistem Informasi
Pengelola adalah orang yang mengelola teknologi informasi, misalnya adalah resepsionis pada hotel, etika adalah merahasiakan data pribadi yang dimiliki oleh tamu mereka.

c. Pembuat teknologi Sistem Informasi
Pembuat adalah orang yang menciptakan teknologi informasi, biasanya adalah lembaga besar dengan para ahli-ahli teknologi di beberapa bidang namun tidak menutup kemungkinan dilakukan secara individu, dalam membuat teknologi informasi tentu harus memperhatikan etika IT yaitu tidak menjiplak atau mengambil ide atau info dari orang lain secara illegal. Salah satu contohnya adalah kasus pembajakan software dikarenakan harga software yang masih terbilang cukup mahal bagi pengguna komputer.


3. Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang etika dalam Teknologi Sistem Informasi!
  • Etika dalam mengambil informasi dari situs apapun yang ingin di tampilkan kembali di situs yang kita kelola. Etika ini berupa penulisan sumber referensi dari informasi dengan lengkap dan jelas.
  • Etika dalam menulis dan berkomentar dalam dunia internet seperti di jejaring sosial, komunitas, blog, dan lainnya. Etika ini berupa bahasa yang sopan dan tidak merendahkan isu SARA, mengandung kebenaran, tidak memfitnah, dan berdampak baik bagi pembacanya.
  • Etika dalam menonton film atau menginstal software, seperti mendownload dari internet atau membelinya dalam bentuk digital bajakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar