Mila Amalia

.:. WELCOME & ENJOY YOUR READING .:.

Selasa, 25 Juni 2013

Tugas 2 : Tugas Kelompok Bahasa Indonesia 2

TUGAS 2 BAHASA INDONESIA 2 (KELOMPOK)



Anik Ernawati

Dini Nopiyanti

Furi Kurniati

Mila Amalia



1. Literatur tentang kalimat efektif dan kesejajaran kata dalam kalimat:

http://www.google.com/url?q=http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196711031993032-NOVI_RESMINI/KALIMAT_EFEKTIF.pdf&sa=U&ei=P7KMUfOSI8WPrgewp4CADA&ved=0CCAQFjAC&usg=AFQjCNFRkLHz1qCMvoNOp63vp5tm1jL6cQ.

5 kalimat yang tidak memperhatikan kesejajaran bentuk kata dalam kalimat (reference terlampir)
1.      Soalnya, pada 2 Mei Komisi Tinggi PBB untuk HAM Navi Pillay menilai, sejak Mei 2012 terjadi pelanggaran HAM, pembunuhan, tekanan terhadap kebebasan berekspresi, dan penggunaan kekuatan yang berlebihan di Papua.

    Soalnya, pada 2 Mei Komisi Tinggi PBB untuk HAM Navi Pillay menilai, sejak Mei 2012 terjadi pelanggaran HAM, pembunuhan, penekanan terhadap kebebasan berekspresi, dan penggunaan kekuatan yang berlebihan di Papua.



2.      Sejalan dengan misi ANIF, pada selasa (7/5) ribuan warga Temanggung dan sejumlah organisasi kemasyarakatan, pemuda, dan mahasiswa bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kebupaten Temanggung menggelar kampanye dan deklasrasi menolak praktik politik uang.
(Referensi: Anif Tegaskan sikap anti politik uang, Republika, Rabu 8 Mei 2013)

    Sejalan dengan misi ANIF, pada selasa (7/5) ribuan warga Temanggung dan sejumlah organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, dan kemahasiswaan bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kebupaten Temanggung menggelar kampanye dan deklasrasi menolak praktik politik uang.



3.      Ia terapkan metode penangkaran, membersihkan kebun dan cara membasmi hama tanaman.
(referensi : Meretas cita-cita di lading kakao aceh, kompas, Rabu 4 april 2012)

    Ia terapkan metode penangkaran, pembersihan kebun dan cara pembasmian hama tanaman.


4.      Pelaku pakai cincin lebih besar dari lingkaran jarinya agar bisa menyelipkan uang itu.

    Pelaku memakai cincin lebih besar dari lingkaran jarinya agar bisa menyelipkan uang itu.


5.       Pelaku penembakan terhadap delapan anggota TNI February lalu, misalnya, harus diproses hukum dan sebarkan ke seluruh dunia apa hasilnya.
(referensi: internasionalisasi papua, Republika, Rabu 8 Mei 2013).

    Pelaku penembakan terhadap delapan anggota TNI February lalu, misalnya, harus diproses hukum dan disebarkan ke seluruh dunia apa hasilnya


    Tiga kalimat yang mengutamakan bagian kalimat yang berupa keterangan tempat dan keterangan waktu.

a.      Seminar dilaksanakan di Hotel Aston Jogjakarta pada hari Kamis, 29 Nopember 2012. (Referensi Majalah Coating and Maintenance)
b.      Pameran INACOAT dan Seminar “Perkembangan Industri Cat dan Coating Nasional dalam menghadapi Persaingan Global di Indonesia” diselenggarakan di Jakarta Convention Centre, tanggal 11-12 Juli 2012.
(Referensi Majalah Coating and Maintenance)
c.       Terlebih lagi final Copa Del Rey akan berlangsung di markas Madrid Santiago Bernabeu pada 17 Mei mendatang
(Referensi: artikel Laga Persatuan, Republika Rabu 8 Mei 2013)

    Tiga kalimat yang menunjukkan urutan peristiwa yang logis:

a.      Korosi pada tangki kapal yang membawa crude oil, sukar untuk dihindarkan, sehingga persyaratan pengendalian korosi dengan menggunakan coating perlu diperketat dalam rangka menjaga keberlangsungan usia operasional kapal sesuai dengan umur rancangan dan keselamatan pelayaran.
(Referensi Majalah Coating and Maintenance)
b.      Korosi akan menurunkan kemampuan konstruksi menerima beban karena korosi mengakibatkan tebal konstruksi yang bisa menerima beban akan menurun.
(Referensi Majalah Coating and Maintanance, Artikel: Mekanisme Terjadinya Korosi pada “Cargo Tanks Pembawa Crude Oil”).
c.       Korosi terjadi pada tangki, disebabkan adanya siklus temperatur pada siang dan malam hari.
(Referensi Majalah Coating and Maintanance, Artikel: Mekanisme Terjadinya Korosi pada “Cargo Tanks Pembawa Crude Oil”).

Tiga kalimat yang menunjukkan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting:
* Tidaklah terpuji ketika butuh suaranya blusukan, namun setelah kemenangan di tangan, mereka ditinggalkan dan sibuk dengan bancakan anggaran sehingga dana bansos, dana pembangunan infrastruktur, bahkan dana keagamaan pun dipangkasnya pula.
* Korosi akan menurunkan kemampuan konstruksi menerima beban karena korosi mengakibatkan tebal konstruksi yang bisa menerima beban akan menurun. (Referensi Majalah Coating and Maintanance, Artikel: Mekanisme Terjadinya Korosi pada “Cargo Tanks Pembawa Crude Oil”).
*  Pada siang hari temperatur dalam tangki sekitar 60° C, dan pada temperatur tersebut crude oil akan menguap dan uap tersebut akan menempel pada bagian atas tangki.
(Referensi Majalah Coating and Maintenance)


    5 Kalimat yang didalamnya terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak diperlukan:

*      Endapan yang tinggal dibagian bawah crude oil juga akan menimbulkan korosi pada bagian bawah tangki, karena endapan-endapan tersebut bisa berfungsi sebagai katoda.

    Endapan yang tinggal dibagian bawah crude oil bisa berfungsi sebagai katoda dan akan menimbulkan korosi pada bagian bawah tangki.

*      Selain memberikan sangsi denda keperusahaan, Mr. Bigelow juga memberikan sangsi denda ke pemilik perusahaan Joel Swartz sebesar 90.000 ditambah 22.500 …. (Referensi: artikel Safety;Perusahaan didenda 200K dalam kecelakaan scaffold; Majalah Coating dan maintenance)

    Sangsi denda diberikan Mr. Bigelow kepada Perusahaan dan pemilik perusahaan Joel Swartz sebesar 90.000 ditambah 22.500 …..

*      Mengingat kesibukan pak Anang dan dinamika organisasi bapak Anang mengusulkan agar ketua LPSCI beserta perangkatnya juga diganti. (artikel info LPSCI, majalah coating dan maintenance)

    Bapak Anang mengusulkan agar ketua LPSCI beserta perangkatnya diganti, mengingat kesibukan dan dinamika organisasi.


    Kalimat-kalimat dengan variasi pembukaan

a.      Frase Keterangan Tempat
Di luar negeri, kelompok kerja seperti ini didukung oleh adanya laboratorium yang memadai untuk melakukan penelitian, namun di Ascoatindo belum sampai kesana, paling tidak kelompok-kelompok ini dapat melakukan pengumpulan informasi yang berhubungan dengan coating dan dapat ………. .
(Referensi Majalah Coating and Maintenance)
b.      Frase Keterangan Waktu
Dalam lima tahun ini tentu banyak suka dan duka yang dialami oleh pengurus, mulai dari mengawali pengoperasian lembaga ini dan memelihara agar lembaga ini tetap memiliki eksistensi dan konsisten dalam melayani komunitas voating di Indonesia.
(Referensi Majalah Coating and Maintenance)
c.       Frase Keterangan Cara
Proses aplikasi Fiber Reinforced Plastic (FRP) minimal ada 2 metoda, yaitu dry lamination dan wet lamination. Pada Dry Lamination digunakan material dalam bentuk prepeg (Pre-impragnated) dimana material penguat dan matriksnya sudah jadi satu, biasanya sudah dalam bentuk lembaran-lembaran.
(Referensi Majalah Coating and Maintenance)
d.      Frase Verbum
Mereka pasti membuat karya yang lebih baik lagi di tahun mendatang.
e.      Partikel Penghubung
Kemudian bapak Kris Adidarma dari PT Propan Raya membawakan makalah tentang “Perkembangan cat untuk keperluan estetika di Indonesia” bersama Bapak Sugianto Effendi dari Asosiasi Resin Sintetik Indonesia (ARSI) yang membawakan makalah tentang “High Solids Binders”.
(Referensi: Seminar Perkembangan Industri Cat dan Coating Nasional dalam menghadapi persaingan global, Majalah Coating and Maintenance hal 5 Vol VI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar